Pemberdayaan dan Pendampingan UMKM dimasa Pandemi Covid-19 oleh KKN Tematik STMIK AUB Surakarta

by Abdimas
4 minutes
Pemberdayaan dan Pendampingan UMKM dimasa Pandemi Covid-19 oleh KKN Tematik STMIK AUB Surakarta

Pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang perekonomian. Dengan naiknya kasus SARS-CoV-2 atau biasa dikenal dengan sebutan Virus Corona dan ditetapkannya kondisi darurat yaitu pandemi maka perekonomian pun turut mendapatkan dampaknya. Produktifitas usaha menurun drastis karena tidak diperkenankan berkegiatan diluar rumah, penjualan dan pendapatan anjlok. Setiap industri perekonomian pasti mendapat dampaknya tersendiri, terlebih bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Melihat keadaan yang dapat dikatakan darurat dan untuk membantu pelaku UMKM terdampak pandemi, maka Kelompok 1 KKN Tematik STMIK AUB Surakarta membuat Program Kerja “Pemberdayaan dan Pendampingan UMKM dimasa Pandemi Covid-19” dengan tujuan membantu mencari solusi bagi pelaku usaha yang sedang mengalami kesulitan akibat pandemi.


Kelompok 1 berlokasi di Kelurahan Mojosongo, Surakarta. Setelah melakukan survey dan pengamatan, Kelompok 1 menjumpai sebuah usaha yang menarik yaitu Pembuatan Sangkar Burung. Usaha yang dimiliki oleh Bapak Tris ini sudah cukup lama berdiri. Beliau memulai usaha mandiri mulai 4 tahun yang lalu. Sebelum pandemi permintaan pelanggan cukup banyak, namun semenjak pandemi permintaan sedikit mengalami penurunan. Proses penjualan Sangkar Burung ini belum menerapkan sistem online, pak Tris membuat sangkar jika ada permintaan dari pemborong langganannya. Pemborong tersebut akan memasarkan sangkar tersebut di Pasar Hewan hingga ke luar kota atau luar pulau. “Saya belum menggunakan promosi sosisal media, selain saya menjaga kepercayaan pemborong langganan, saya juga tidak mengerti penggunaan sosial media.” tutur pak Tris menjelaskan. Namun karena desakan ekonomi dan keadaan darurat pandemi yang mengakibatkan turunnya grafik penjualan, Kelompok 1 menyarankan pak Tris untuk mencoba mempromosikan buah karyanya melalu sosial media atau aplikasi e-commerce yang tersedia.


Untuk menentukan platform yang cocok untuk produk ini Kelompok 1 perlu menganalisa lebih dengan memperhatikan keadaan pak Tris. Dengan keadaan dan kendala yang dialami oleh pak Tris, platform yang kiranya sesuai adalah Facebook Marketplace dan aplikasi OLX. Kedua platform tersebut sering digunakan untuk aktivitas jual-beli produk yang bervariasi, lokasinya juga dapat disesuaikan. Kelompok 1 juga bersedia mengajarkan cara mempromosikan produk melalui aplikasi yang kami sarankan. Melalui pemanfaatan teknologi dan internet tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan pak Tris sebagai pelaku UMKM. Melalui pemasaran secara online, jangkauan pembeli akan menjadi lebih luas. Dengan program kerja yang Kelompok 1 laksanakan, yang diharapkan adalah pemanfaaatan teknologi dengan pemasaran online yang kelak akan mendatangkan kemudahan dan manfaat bagi pelaku UMKM.

Selain memperhatikan keadaan sosial dan perekonomian warga sekitar, kami juga turut berkontribusi dalam upaya pencegahan virus Corona di desa ini. Kami kelompok 1 melakukan tindakan penyemprotan secara rutin diakhir minggu selama satu bulan sebagai wujud kepedulian terhadap warga desa setempat. Warga desa menyambut niat baik kami dengan baik, tidak jarang ketika sedang berkegiatan warga mengucapkan terima kasih, “Wah, terima kasih mas, mbak.. semoga virusnya cepat hilang!” seru salah satu warga. Kami juga melakukan sosialisasi 5M dan Vaksinasi melalui MMT, mengingat saat ini tidak diperkenankan membuat kerumunan, maka kami memilih MMT sebagai alternatif.

Selain dalam bidang sosial, ekonomi dan lingkungan, kami kelompok 1 juga memperhatikan bidang pendidikan. Kami membuat program kerja belajar bersama anak-anak SD dengan nama program “Rumah Ilmu”, didalam program ini kami mengajarkan dasar-dasar software pengolah kata yaitu microsoft word. Karena wilayah RT 05 cukup luas, kami mengadakan program ini secara bertahap, anak-anak pun sangat bersemangat dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. @Elisa